Bahaya tidak mengisi penuh tangki bahan bakar pada mobil

Bahaya tidak mengisi penuh tangki bahan bakar pada mobil

Selamat datang di blog sederhana ini. Kali ini kita akan membahas mengenai apa bahaya yang ditimbulkan pada saat kita tidak mengisi penuh tangki bahan bakar sepeda motor. Ketidakstabilan harga bahan bakar baik premium, pertalite, premium banyak menimbulkan berbagai prilaku masyarakat terkait pengiritan pemakaian bahan bakar. perilaku pengiritan bahan bakar mobil salah satunya dengan mengatur konsumsi bahan bakar sesuai keadaan 1 hari pemakaian. Jadi misalkan dalam 1 hari ini mobil bisa menghabiskan bahan bakar 1 liter  maka hari selanjutnya hanya diisi 1 liter juga. Dengan prilaku tersebut kita bisa lihat bahwa tangki bahan bakar akan menjadi kosong atau tidak maksimal terisi. Sebagian masyarakat berpradigma bahwa tidak akan ada masalah ketika tidak mengisi tangki tidak full atau melebihi setengah tangki. Padahal ada bahaya yang ditimbulkan pada saat tidak mengisi tangki tidak berikut. Mari coba kita lihat.



Rata rata hari ini sepeda motor menggunakan pompa elektrik. Pompa bahan bakar elektrik dapat ditempatkan  didalam tangki bahan bakar. Pompa bahan listrik langsung akan bekerja setelah kunci kontak di ON kan. Jenis pompa bahan bakar bermacam macam antara lain : model diagfragma, model plunyer dan model lainnya.


Kita bisa melihat pada gambar diagram berikut mengenai skema pompa bahan bakar bekerja. Kita bisa melihat pada saat kunci kontak di ON kan maka pompa akan bekerja. Kita bisa mendengar ditangki terdengar bungi ketukan ketukan yang menandakan pompa sudah bekerja dan injektor siap untuk menginjeksikan bahan bakar. pada saat mesin hidup pompa akan memompakan bahan bakar ke injektor melewati saringan bahan bakar. pada saat injektor tidak menyemprotkan bahan bakar maka bahan bakar akan kembali ketangki bahan bakar.

Bahan bakar yang akan dikembalikan ke tangki merukan bahan bakar yang telah panas karna mekanisme kerja mesin. Panas ini yang akan mengisi bahan bakar. bahan bakar yang panas ini akan dipompakan kembali oleh pompa ke injektor. Pada saat kembali ke tangki, bahan bakar ini panas. Panas yang sampai ke tangki ditambah dengan ruangan tangki yang panas. Apabila tangki diisi tidak penuh maka pompa akan memompakan bahan bakar yang panas. Bahan bakar bisa menjadi pendingin didalam tangki apabila diisi dengan penuh atau melebihi batas tengah tangki. Apabila bahan bakar diisi penuh maka pompa tidak akan memompakan bahan bakar yang panas. Ini dapat memperpanjang umur dari pompa bahan bakar. maka hendaknya kita mengisi tangki secara penuh.

Demikianlah share blog kita kali ini. semoga bermanfaat



Subscribe to receive free email updates: