6 Cara ampuh membersihkan helm motor yang bau dengan benar

6 Cara ampuh membersihkan helm motor yang bau dengan benar

Hasil gambar untuk helm

Selamat datang di blog sederhana ini. Semoga teman teman dalam keadaan sehat dan bahagia. Kali ini akan share mengenai bagaimana cara membersihkan helm motor yang bau. Kepala adalah bagian utama pada diri kita sebagai pusat kegiatan motorik tubuh (otak) yang harus dilindungin.  Helm merupakan alat pelindung diri (safety) yang harus ada selama kita dalam perjalanan untuk melindungi kepala kita. Maupun jarak tempuh kita jauh atau dekat hendaknya kita terus menggunakan helm untuk faktor keselamatan diri kita. Telah banyak data yang menunjukkan bahwa kecelakaan perjalanan banyak berisiko kepada benturan yang terjadi pada kepala yang berujung ketidakstabilan otak. Meskipun kita sudah menggunakan helm pada saat terjadi benturan hal tersebut juga memberikan efek tidak normal bagi otak. Apalagi jika kita tidak menggunakan helm akan berisiko sangat fatal.

Helm yang digunakan terus menerus akan meniumbulkan bau yang tak sedap. Karna keringat kepala yang mengahasilkan berbagai bakteri yang ada di kepala menyebar ke helm. Ini dapat membuat kita tidak nyaman menggunakan helm. Apalagi pada saat ada orang yang minjam helm dan dia katakan bau, membuat kita jadi tidak nyaman. Layaknya seperti pakaian harus dicuci, helm seperti juga agar kebersihan helm tetap terawat dan kita menjadi nyaman. Faktor kesehatan harus juga diperhatikan. Lama kelamaan jika kita tidak membersihkan helm akan membuat rambut menjadi rusak karna efek kuman dan bakteri dari helm. Jadi jangan sepelekan mengenai kebersihan helm ini. Berikut bagaimana cara untuk membersihkan helm yang bau,

1. Jemur terlebih dahulu busa helm sebelum dicuci

Kenapa harus dicuci? Setelah kita membuka busa helm pada dudukannya. Maka jemurlah terlebih dahulu busa helm. Busa helm banyak mengandung kotoran. Debu, minyak keringat. Pada saat kita menjemurnya, jamur jamur yang terdapat pada helm akan menjadi mengering. Dapat terlihat dari sisa sisa berbentuk rambut atau seperti ketombe pada saat kita tepuk. Saat menjemurnya, pada saat matahari agak terik sekali, maka pukul pukul busa helm agar debu debu terbang sampai debu debu berkurang. Kemudia jemur lagi busa sampai sore.

2. Rendamlah busa helm dengan deterjen 2 kali perendaman

Setelah kita menjemur helm di kondisi terik kita harus merendamnya dengan diterjen. Agar sisa sisa kotoran yang belum terangkan dan yang menempel bisa bersih. Karna diterjen mengandung zat aditif berupa panas dan mempunyai efek pembersih noda pakaian. Rendamlah untuk tahap pertama busa helm selama 1 jam. Setelah satu jam perendaman akan tampak warna air yang sangat kotor itu menandakan kotoran yang menempel sudah dikikis oleh diterjen. Kemudian rendamlah untuk yang kedua kalinya agar sisa sisa noda dan bau bisa terangkat dengan sempurna selama 30 menit jangan terlalu lama.

3. Gundarlah busa helm setelah tahap perendaman

Setelah kita melakukan perendaman terakhir maka kita akan lakukan tahapan penggundaran. Ini bertujuan untuk membersihkan noda noda hitam di pinggiran helm yang banyak bersinggungan dengan wajah. Area yang paling banyak yaitu sekita dagu dan dahi biasanya. Gundarlah sampai flek hitam berkurang. Harus diingat dalam menggundar jangan sampai busa menjadi rusak

4. Berilah pewangi pakaian

Setelah kita menggundar busa helm, kita lakukan pembilasan untuk busa busa diterjen bisa hilang. Setelah kita bilas. Berilah pewangi pakaian agar helm terasa harum. Gunakanlah pewangi seproporsional mungkin. Terdapat berbagai macam merek pewangi yang bisa kita gunakan untuk helm.

5. Bodi helm bersihkanlah dengan kit atau sejenisnya

Bodi atau rumah helm jangan sampai terlupa. Kita bisa membersihkannya dengan menggunakan gundar gigi untuk membersihkan sela sela helm yang kotor. Gunakanlah pembersih body kits untuk membersihkan dan menginclongkan helm. Karna salah satu penarik helm itu ialah faktor kebersihan dan kecerahan rumah helm juga. Untuk kaca helm kita bisa gunakan air untuk membersihkannya atau anti debu yang digunakan untuk membersihkan laptop.

6. Tahap terakhir jemurlah kembali busa helm

Setelah kita merendamnya dengan pewangi. Maka perasalah busa helm kemudian jemurlah busa helm untuk kedua kalinya untuk tahapan pengeringan. Agar busa helm lebih tebas dan bagus. Jika bisa keringkanlah selama satu hari dalam keadaan matahari terik. Setelah kering, pasanglah kembali busa helm pada dudukannya dirumah bodi.


Kebersihan helm sangatlah penting untuk faktor kenyamanan, kepedean terutama kesehatan kulit kepala. Lakukanlah perawatan pada helm minimal 1 x 1 bulan atau pada saat bau helm mulai tidak sedap. Demikianlah share blog kita kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua. Lihat juga artikel kita lainnya ya guys...

Subscribe to receive free email updates: