Tips Cara Belajar Mengendarai Motor Kopling Saat Belok Maupun Tanjakan Agar motor tidak mati

Selamat Datang di blog sederhana ini. Kali ini saya akan membahas artikel tentang Tips Cara Belajar Mengendarai Motor Kopling Saat Belok Maupun Tanjakan Agar motor tidak mati. Bagi pemula atau anak-anak yang ingin mengendarai motor motor berkopling manual memanglah agak sedikit susah, butuh waktu yang agak lama untuk beradaptasi dan akhirnya mahir mengendarai motor berkopling ini. Banyak kasus motor tiba-tiba mati disaat mau berbelok dan melewati tanjakan pastilah sobat semua mengalaminya. Nah disini saya akan ngasih Panduan-panduan Untuk pemula Cara mengendarai motor berkoping manual saat berbelok dan tanjakan supaya motor tidak mati, jadi simak terus ya


Motor kopling adalah motor manual yang gigi atau koplingnya harus disesuaikan saat berjalan. Dimulai dari gigi 1 hingga gigi 4 (normalnya, ada juga yang gigi 5) ini untuk kecepatan rendah hingga tinggi. Memindahkan gigi pun bukan hal mudah bagi pemula. Motor laki memang khas dengan fitur kopling manual, meskipun dianggap sebagai hal yang menyusahkan akan tetapi kopling manual memberikan banyak kesenangan dan kelebihan dibandingkan dengan kopling otomotis semisal di motor bebek atau skuter matic.

Baiklah Mari kita simak Tips Cara Belajar Mengendarai Motor Kopling Saat Belok Maupun Tanjakan Agar motor tidak mati, lihat dibawah ini :
  1. Ketika anda mau berbelok yang pertama anda lakukan adalah mengurangi kecepatan, dengan menekan tuas kopling dan ditahan kurangi gigi atau posisikan motor pada gigi 1 atau 2.
  2. Masih dalam menahan tuas kopling Posisikan motor cenderung miring dan jangan terlalu kakau pada saat berbelok.
  3. Selanjutnya jika sudah dalam jalan yang lurus jangan tergesa-gesa dalam mengembalikan tuas kopling, lepas koping secara perahan dan imbangi dengan menambah gas. Jika terlalu tergesa-gesa maka motor tidak bisa melaju dengan mulus.
  4. Ketika anda Mau melewati tanjakan sebenarnya tidak jauh beda dengan ketika anda mau berbelok, Gunakan gigi 1 atau 2 terus waktu lagi menanjak tuas kopling agak ditekan dan gas dibuka sesuai kecepatan yang diinginkan jangan sampai gas terlalu kecil supaya motor tidak mati.
  5. Berlatihlah dengan bersungguh-sungguh pasti bisa dan cepat mahir dalam mengendarai motor berkopling ini.
Demikianlah artikel tentang Tips Cara Belajar Mengendarai Motor Kopling Saat Belok Maupun Tanjakan Agar motor tidak mati. Semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa baca-baca artikel menarik lainnya di blog ini ya.
Sekian dari saya terimakasih

Tags : cara mengendarai motor kopling bagi pemula, cara mengendarai mobil kopling, mengendarai motor kopling di tanjakan, mengendarai motor kopling di polisi tidur, tata cara pakai motor kopling, tata cara pake motor kopling, mesin kopling, cara mengendarai motor kopling di tanjakan

Subscribe to receive free email updates: