Sabtu, Juni 11, 2016

Tata Cara Setting atau Menyetel Karburator Motor Matic Biar Kencang Tetap Irit

Selamat datang di blog sderhana ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikrl tentang Tata Cara Setting/Menyetel Karburator Motor Matic Biar Kencang Tetap Irit. Sebenarnya setting atau menyetel karburator motor itu mudah, bisa dilakukan semua orang tetapi kalau menyetelnya dengan cara yang asal-asalan malah mengakibatkan performa motor tidaka pas, bensin boros, dan bisa ngempos tidak ada tenaganya. Setting atau Menyetel Karburator sangat dibutuhkan ketelitian yang pas supaya motor bisa kencang tetapi bensin tetap irit. Nah untuk itu ikuti panduan-panduan di blog ini untuk menyetel karburator motor matic anda biar pas.
Tata Cara Setting atau Menyetel Karburator Motor Matic Biar Kencang Tetap Irit
 Selain Menyetel Karburator sebaiknya juga dibersihkan komponen-komponen yang bersangkutan seperti Filter Bensin, Filter Udara sebelumnya juga harus dibersihkan dari kotoran yang menempel atau kerak-kerak pada komponen tersebut supaya aliran udara dan aliran bensin menjadi lancar jaya. selain itu part-part kecil di karburator juga harus dibersihkan seperti Pilot jet dan Main jet karena kebersihan adalah segalanya.

Oke, setelah semua komponen karburator sudah dibersihkan maka anda harus memasang seperti semula pastikan posisinya tepat, agar tidak ada kendala pada saat menyeting nanti.

Langsung saja simak panduan-panduan Tata Cara Setting/Menyetel Karburator Motor Matic Biar Kencang Tetap Irit, Lihat yang dibawah ini :
  1. Putar ke kanan setelan angin sampai tidak bisa diputar (mentok/menutup) selanjutnya putar kembali ke arah sebaliknya sekitar 2 - 2,5 putaran, setelan ada pada lobang kecil pada bodi sebelah kanan motor matik.
  2. Kemudian dilanjutkan dengan penyetelan gas sampai mendekati 3000 sampai dengan 5000 putara per menit / RPM, Anda bisa setel pada lobang kecil terdapat pada kotak di sekitar jok motor matic.
  3. Nyalakan mesin dan setting karburator motor matik sampai mendapatkan setelan yang pas kalau bisa Anda sesekali blayer-blayer gasnya
  4. Disarankan supaya Anda menyetting baut angin sampai dengan posisi suara mesin terdengar tinggi, dan tentunya tidak ada suara tembal pada knalpot meskipun kecil.
  5. Setelah setting suara mesin pada posisi tinggi segera turunkan setelan baut gas sampai pada posisi idle dan mesin tidak gampang mati. Untuk motor matic putaran mesinnya 1300 sampai dengan 1600 RPM, Anda setel pada lobang kecil di sekitar box pada jok motor ya.
  6. Cara stel karburator untuk memastikan setting karburator sudah optimal maka cek beberapa kali dengan handle gas diputar. dengarkan raungan mesin
  7. Sesudah Anda menemukan pengaturan posisi idle mesin tidak gampang mati, khusus motor matic terdengar suara putaran roler weight yang tidak lagi didengarkan pada RPM yang kecil, nah dengan setting motor seperti ini maka penggunaan BBM biar irit
  8. Apabila motor matic mati pada posisi idle maka sebaiknya mengulangi proses cara setting karburator motor matic, memang butuh sedikit tenaga namun hasilnya adalah mesin yang irit BBM. Selamat belajar membongkar dan menyetel roda dua Anda
Demikianlah artikel tentang Tata Cara Setting/Menyetel Karburator Motor Matic Biar Kencang Tetap Irit. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu beserta wawasan untuk anda. Jangan lupa baca-baca artikel menarik lainnya di blog ini ya.
Sekian dari saya terima kasih

Tags : cara setting karburator matic, cara setting karburator motor matic, cara menyetel karburator matic, setelan angin karburator mio standar, setting karbu mio biar kenceng, cara setting karburator mio supaya irit, cara menyetel karburator mio agar irit, cara setting karbu mio bore up

Tata Cara Setting atau Menyetel Karburator Motor Matic Biar Kencang Tetap Irit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Oto Web