Selasa, Juni 07, 2016

Penyebab Motor Susah Langsam dan cara menyetel Karburator Langsam

Selamat datang di blog sderhana ini. Kali ini saya akan membahas artikel tentang Penyebab Motor Susah Langsam dan cara menyetel Karburator Langsam. Semuanya pasti pernah mengalami masalah motor yang satu ini saat mesin keadaan hidup, suaranya terdengar turun naik alias enggak merata. Kadang tinggi, kadang rendah.

Penyebab Motor Susah Langsam dan cara menyetel Karburator Langsam
 Penyebab Masalah ini Biasanya sih, dari posisi mata gigi sentrik ngaco, kabel cuk seret dan intake karburator bocor, Makanya, yuk, cek satu per satu, lalu perbaiki. simak yang berikut ini :

Intake Karbu Bocor
Intake manifold atau leher angsa sebagai perantara karburator dan mesin. Tugasnya memperlancar campuran udara dan bensin di karbu menuju silinder mesin, agar proses pembakaran mesin lebih optimal.
Cara ngetesnya, tutup aja settingan udaranya di karbu pakai obeng min, terus putar ke kanan sampai mentok. Kalau mesinnya tetap hidup berarti ada kebocoran di intake
Hal ini bisa disebabkan karena sering bongkar pasang atau umurnya udah 3 tahun lebih. “Solusinya, ya harus diganti baru

Kabel Cuk
Terkadang, saat menghidupkan mesin di pagi hari kita suka menarik tuas cuk di setang kiri. kotoran masuk di sela-sela slang kabel. Ini juga bisa bikin langsam jadi ngaco. Cara bersihinnya mesti dilepas dulu kabelnya. Lalu ujungnya dibungkus plastik tapi tetap terbuka bagian atasnya seperti mangkuk. Kemudian diguyur dengan bensin

Tali Gas
tali gas seret atau kondisi ruang bakar berkerak. Tapi, kalau skep lancar dan ruang bakar bersih, coba perhatikan permukaan luar jarum skep dan piston skep. Jika ada bagian yang tergores atau oval, menyebabkan udara luar nyelinap masuk dapur pacu.

Skep atau Jarum Bocor
Udara yang nyusup dari celah jarum dan skep, menggangu kerja pilot-jet. Apalagi fungsi pilot-jet menyuplai gas bakar ideal saat rpm rendah dan posisi skep dan jarum berada di bawah. Wajar kalau skep atau jarum bocor, putaran mesin lambat saat akan langsam.

Nah itulah beberapa yang menjadi Penyebab Motor Susah Langsam, Selanjutnya kita akan belajar cara menyetel Karburator Langsam. Untuk itu simak langkah-langkah berikut ini :
  1. Putar penyetel langsam yang ada dikarburator pada sebelah kiri motor hingga putaran mesin menengah atau kira-kira 2000-2500RPM
  2. Langkah berikutnya menyetel skrup udara yang ada di bagian bawah pada karburator dengan menggunakan alat Obeng (-) kecil
  3. Besarnya stelan angin untuk tipe motor Tiger ini adalah kurang lebih antara 2 – 2,5 putaran. (putar kekanan mentok dan kembalikan kekiri hingga 2 – 2,5 putaran (sampe ketemu putaran mesin yang paling stabil).
  4. Kemudian kecilkan RPM dengan memutar baut penyetel langsam kekiri hingga ditemukan 1200 – 1300RPM, dengan melihat jarum penunjuk pada Speedometer.
Nah demikianlah artikel tentang Penyebab Motor Susah Langsam dan cara menyetel Karburator Langsam. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan beserta ilmu untuk anda. Jangan lupa baca-baca artikel menarik lainnya di blog ini ya.
Sekian dari saya terima kasih

Tags : langsam motor sering mati, langsam motor naik turun, langsam motor tidak stabil, karbu vakum susah langsam, motor susah langsam saat dingin, motor susah langsam saat panas, karbu mio susah langsam, penyebab motor tidak bisa stasioner

Penyebab Motor Susah Langsam dan cara menyetel Karburator Langsam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Oto Web