Inilah Penyebab dan Ciri-Ciri atau Tanda-Tanda Motor Harus Turun Mesin

Selamat datang di blog sederhana ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel tentang Penyebab Ciri - Ciri atau Tanda - Tanda Motor Harus Turun Mesin. Turun mesin adalah istilah lain dari sebuah mesin motor yang dibongkar secara total karena adanya kerusakan pada mesin motor tersebut. biasanya yang menjadi penyebab turun mesin adalah adanya komponen atau part mesin yang rusak parah dan harus diganti dengan yang baru penyebab lain adalah faktor umur mesin yang sudah tualah turun mesin ini akan dilakukan untuk pergantian part-part yang sudah aus.

Ciri-ciri atau tanda-tanda harus turun mesin
Turun mesin itu menjadi hal yang menakutkan bagi para pengguna motor karena selain membutuhkan biaya yang mahal juga akan mengganggu rutunitas sehari-hari, sebab motor yang harus turun mesin ini sering mengalami kendala seperti susah hidup, mogok secara tiba-tiba saat diperjalanan dan akhirnya telat sampainya ditempat kerjaan.

Oke Langsung untuk keamanan dan kenyamanan motor anda supaya nantinya tidak mengganggu rutinitas, sebaiknya kita kenali Ciri-Ciri atau Tanda-Tanda Motor Harus Turun Mesin, Simak yang dibawah ini :

Keluar Asap Putih Tebal dari Knalpot
Pada saat Anda memanaskan mesin sepeda motor di pagi hari dan tiba-tiba knalpot mengeluarkan asap putih, kemungkinan besar ring piston-nya mengalamai kerusakan serius sehingga mengakibatkan oli masuk ke ruang bakar. Cara mengatasinya bisa dilakukan dengan turun mesin setengah yaitu mengganti ring piston berikut pistonnya. Selanjutnya usahakan motor ini jangan pernah digeber lagi dengan kecepatan yang tinggi.

Ada Bunyi-bunyian Berisik Di Mesin
Munculnya suara berisik yang berasal dari katup udara biasanya disebabkan oleh setelannya terlalu longgar atau noken as sudah aus. Kemungkinan penyebab lainnya adalah rantai keteng yang dipasang terlalu longgar. Jika Anda menemui masalah ini, segeralah setel ulang bagian-bagian yang pengaturannya salah supaya tidak merembet ke komponen motor yang lain.

Oli Mengalami Kebocoran
Kebocoran yang terjadi pada blok mesin sehingga menyebabkan oli sepeda motor menetes keluar sering dikarenakan bagian gasket atau parepack-nya sudah rusak dan harus segera diganti. Pastikan Anda memperbaiki kerusakan ini secepat mungkin. Bila oli mesin sampai habis, maka komponen-komponen di dalamnya pun akan aus dan rusak. Tidak hanya itu, tumpahan oli yang tercecer di jalan raya juga berbahaya bagi pengguna kendaaraan yang lain.

Terkadang Mesin Tidak Bisa Menyala
Kebanyakan mesin motor yang tidak mau menyala dikarenakan ada komponen di dalam mesin yang patah. Bisa jadi part yang rusak tersebut adalah poros engkol, stang piston, gearbox, dan sebagainya. Mengingat kerusakan ini sudah fatal sekali, disarankan untuk menyerahkannya saja pada tukang ahlinya. Namun jika motor Anda tidak bisa didorong menuju ke bengkel karena posisi giginya belum normal, cobalah lepaskan rantai dari gear belakang.

Demikianlah artikel tentang Penyebab dan Ciri-Ciri atau Tanda-Tanda Motor Harus Turun Mesin . semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa baca-baca atau cari artikel menarik lainnya di blog ini ya.
Sekian dan terima kasih

Tags : tanda tanda motor turun mesin, ciri ciri motor matic turun mesin, penyebab turun mesin pada sepeda motor, cara mengetahui mesin motor masih bagus, turun mesin motor honda, biaya turun mesin motor, biaya turun mesin motor mio, ciri ciri turun mesin mobil

Subscribe to receive free email updates: