Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Motor Mesin Injeksi atau Injection

Selamat datang di blog sederhana ini, Pada kesempatan kali ini saya akan share artikel tentang Kelebihan Dan Kekurangan Motor Mesin Injeksi atau Injection. Sistem injeksi ini adalah inovasi terbaru pada pengkabutan sepeda motor yang diperkenalkan pada tahun 2000an dan diluncurkan pada tahun 2005.

Sistem injeksi sendiri merupakan hasil pengembangan dari teknik pengabutan bahan bakar  yang masih menggunakan karburator, teknologi manual Karburator dinilai masih banyak melakukan pembakaran bahan bakar sia-sia dan tidak efisien membuat para ahli pengembangan motor beralih menggunakan sistem komputerisasi, teknologi komputerisasi yang diterapkan dalam sistem injeksi inilah yang menjadikan takaran pencampuran bahan bakar dan udara sempurna sehingga sesuai dengan tenaga yang dibutuhkan sepeda motor.
Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Motor Mesin Injeksi atau Injection
Oke langsung saja ke topik bahasan kita yaitu Kelebihan Dan Kekurangan Motor Mesin Injeksi atau Injection, simak dibawah ini :

Kelebihan Sistem Injeksi pada Sepeda Motor :
  • Penggunaan bahan bakar akan lebih efisien karena takaran campuran antara bahan bakar dengan udara dilakukan oleh sensor yang dikontrol oleh system elektronik semi computer.
  • Perawatan mesin injeksi khususnya untuk karburator sangat mudah hanya dengan memberikan semprotan injection cleaner tanpa harus melakukan bongkar pasang seperti karburator konvesional.
  • Sistem mesin injeksi menghasilkan sisa pembakaran yang ramah lingkungan karena pembuangan emisi gas yang sangat rendah.
  • Mesin injeksi dibuat dengan konsep bebas perawatan dalam arti tidak harus terlalu sering dilakukan perawatan dengan membongkar mesin. Oleh karena itu servis mesin motor injeksi tebilang lebih cepat dan ringkas.
  • Motor dengan mesin injeksi akan mudah sekali dinyalakan dan tidak terpengaruh oleh suhu udara dan cuaca.
Kekurangan Sistem Injeksi pada Sepeda Motor :
  • Sehubungan mesin ini adalah terbilang baru, maka untuk melakukan servis tidak bisa dilakukan pada sembarang tempat yang belum memiliki alat khusus untuk pemeriksaan mesin injeksi yang penuh dengan sensor elektronik.
  • Harga sparepart sepeda motor injeksi relatif lebih mahal dibanding motor dengan sistem karburator, terutama untuk jenis motor matic injeksi, selain sparepart yang mahal, komponen sistem injeksi pada sepeda motor memerlukan altenator atau alat pembangkit listrik motor dengan daya tinggi, daya altenator motor injeksi tentunya lebih tinggi daripada motor dengan karburator.
  • Sepeda motor dengan system injeksi sangat sensitif dengan masalah kelistrikan karena hampir seluruh system motor diatur secara komputerisasi oleh sensor – sensor yang terdapat pada mesin motor, jika terjadi kabel putus atau korosi pada satu tempat akan mengakibatkan terganggunya semua kinerja kompone lain akibat arus listrik tidak stabil
Jadi, kesimpulannya :
  • secara keseluruhan sepeda motor injeksi memang mempunyai keunggulan daripada sepeda motor bersistem karburator
  • perawatannya lebih simpel, namun tidak bisa dilakukan disembarang bengkel, sparpartnya memang mahal tapi akan terbayar dengan kualitasnya
  • rawan terhadap resiko kerusakan alat elektroniknya yang tergolong masih sangat jarang ditemukan di toko onderdil biasa.
Demikianlah artikel tentang Kelebihan Dan Kekurangan Motor Mesin Injeksi atau Injection. semoga bermanfaat untuk anda. jangan lupa baca-baca atau cari artikel menarik lainnya di blog ini ya.
Sekian dan terimakasih

Subscribe to receive free email updates: