Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Persneling Motor Keras dan Susah Netral

Selamat Datang di blog sederhana ini, Kali ini saya akan membahas artikel tentang Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Persneling Motor Keras dan Susah Netral. Banyak pengendara motor mengeluhkan masalah ini soalnya menjengkelkan sekali jika sedang asik-asiknya berkendara mau pindah gigi persneling susah dan keras dan bahkan juga ada waktu mau nambahin gigi dari gigi satu ke gigi dua malah ke netral jadinya meraung-raung deh tu motor kalo sudah gini pasti rasanya kesel jengkel dan pasti ada malunya hahaha , okelah untuk itu disini saya akan membahas penyebab masalah gigi keras dan susah netral semoga saja bisa teratasi.


Seret alias susahnya pindah gigi persneling diprediksi ada komponen yang perlu diganti. Yuk kita lihat Yang menyebabkan Gigi Persneling Motor Keras dan Susah Netral. Simak yang berikut ini :

Mur-baut penyetel speling (jarak renggang) tuas persneling
Bila disetel terlalu sempit, perpindahan gigi memang empuk, namun akselerasi agak lamban. Sebaliknya, terlalu renggang bikin pindah gigi sulit. Pasalnya, ketika kerenggangan kampas belum maksimal, tapi tangkai pemindah gigi sudah menggeser posisi gigi. Akibatnya timbul entakan. Idealnya, menurut Waluyo, jarak kerenggangan sekitar 3 mm.

Cek arm pendorong kopling
Jika bola penekan arm otomatis dan alurnya sudah mulai rusak, biasanya persneling susah dipindahkan meski mur-baut speling sudah disetel.

Pelat kopling
Jika dengan arm pendorong tidak ada masalah, cek pelat kopling. Bila komponen ini sudah melengkung, posisi kerenggangan kampas koplingt jadi nggak maksimal. Alhasil, girboks yang masih berputar akan mempersulit tangkai pemindah menggeser drum pemindah gigi.

Rantai yang kendor
Gejala kendornya rantai ini kadang luput dari perhatian kita,padahal akan berdampak pada kenyamanan motor, ya salah satunya Susah pindah gigi persneling.walau dalam kondisi berhenti rantai yang terlalu kendor akan membuat kita susah untuk memposisikan presneling pada gigi Netral

Nah itulah yang mungkin jadi penyebab susah dan kerasnya Gigi Persneling motor, Pastinya sudah paham dong apa yang harus dilakukan para biker semua.. Selanjutnya kita lihat cara-cara lain yang semoga saja bisa mengatasi permasalahan Gigi Persneling Motor Keras dan Susah Netral ini, Simak dibawah ini :

Panaskan mesin
Pada waktu pagi hari usahakan memanaskan mesin sekitar 1 menit saja, jangan terlalu lama, kata orang-orang kalau terlalu laba bisa berakibat tidak baik untuk motor. Cara cek apakah mesin sudah panas bisa dengan menarik gas sedikit, jika respon mesin cepat berarti mesin sudah panas.

Gunakan oli berkualitas
Untuk mendapatkan hasil yang bagus gunakan oli yang berkualitas, agar pelumasan bisa lebih baik, saya sendiri menggunakan oli Shell Advance AX7 untuk motor kelas 150 cc

Memeriksa Tali Kopling
memeriksa keadaan tali kopling jika terlampau kendur maka harus di setel supaya ketat, atau dicuci tali coplingnya dengan minyak dan berikan oli pada tali copling tersebut.

Demikianlah artikel tentang Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Persneling Motor Keras dan Susah Netral. Semoga bisa bermanfaat untuk anda. Jangan lupa baca-baca artikel menarik lainnya di blog ini ya.
Sekian dari saya terima kasih

Tags : gigi motor tidak bisa masuk, gigi persneling motor keras, gigi persneling motor macet, gigi persneling susah masuk, cb150r susah netral, persneling motor kasar, persneling motor kopling, harga persneling motor

Subscribe to receive free email updates: