Jumat, Juni 10, 2016

Cara Sederhana Membuat Kunci Rahasia Motor Saklar Sentuh Dengan Rangkaian 1 Transistor

Selamat datang di blog sederhana ini. Kali ini saya akan share artikel tentang Cara Sederhana Membuat Kunci Rahasia Motor Saklar Sentuh Dengan Rangkaian 1 Transistor. Dengan maraknya aksi curanmor di negeri Indonesia ini kita harus benar-benar memperhatikan safety atau pengamanan motor kita terhadap para pelaku curanmor tersebut, yasalah satunya membuat kunci rahasia pada motor kesayangan kita, bagaimana cara membuatnya? Dalam artikel ini akan saya jelaskan secara lengkap diambil dari beberapa sumber dari internet. Semoga bisa dipahami dan mudah untuk dikerjakan untuk anda semua meskipun anda adalah orang yang masih awam dalam bidang elektronika.

Para Pencuri sudah ahli sekali dalam melakukan aksinya terlebih akan jadi sasaran empuk bagi merekan jika motor anda masih dalam keadaan pengaman standar pabrik, belum menerapkan kunci rahasia ini. Jika motor anda masuk dalam kategori kelas menengah keatas sebaiknya wajib menerapkan kunci rahasia ini demi keamanan motor anda.

Okelah langsung saja kita masuk pada topik bahasan kita yaitu Cara Sederhana Membuat Kunci Rahasia Motor Saklar Sentuh Dengan Rangkaian 1 Transistor, untuk alat-alat dan langkah-langkahnya silahkan simak yang berikut ini :

Alat dan Bahan Membuat Kunci Rahasia Saklar Sentuh :
  • Soldier dan timah minimal 1 meter
  • Gergaji dan Bor PCB untuk PCB
  • Gunting kabel listrik
  • Isolatip untuk kabel
  • Tang potong
  • 1 buah relay 12 V, 5 kaki
  • 2 buah transistor type 9012
  • PCB ukuran 2,5 centimeter x 3,5 centimeter
  • Kabel 4 warna ukuran minimal 1 meter
Cara pemasangan pada motor

Seperti gambar diatas cara merangkai relay dan transistor diatas papan PCB. Kaki nomor 1 input posotif (+) 12 Volt dari kontak, kaki nomor 2 disambung dengan kaki nomor 4 dan sebagai output (-), kaki nomor 3 input negatif (-) dari accu, dan kaki tengah transistor nomer 1 adalah sensor sentuh.

Pemasangan pada motor bebek
Pada motor bebek pemasangan kunci rahasia dengan saklar sentuh kabel sensornya bisa disambungkan dengan kabel negatif indikator gigi transmisi nomer 4 seperti gambar diatas. Jadi ketika gigi transmisi berada posisi netral atau masuk gigi 1,2 dan 3 meskipun kontak diputar posisi “on” motor distarter/dislah tidak bisa hidup karena massa/ kabel negatif yang ke CDI belum conect. Untuk menghidupkan putar kontak ke posisi “on” dan posisikan gigi transmisi ke nomer 4 kemudian distarter/dislah mesin baru bisa hidup.

Pemasangan pada motor sport
Pemasangan pada motor sport langkahnya sama seperti pemasangan pada motor bebek cuman kabel sensor dipasang pada baut yang tidak berhubungan langsung dengan masa body motor, letakkan baut ditempat yang tersembunyi dan aman. Cara kerjanya ketika kontak diputar ke posisi “on” lampu indikator dan signal hidup normal seperti biasa tetapi mesin tidak bisa hidup karena massa/negatif CDI belum conect. Untuk menghidupkan putar kontak ke posisi “on” lalu sentuh baut tersebut kemudian distarter/dislah mesin baru bisa hidup.

Demikianlah artikel tentang Cara Sederhana Membuat Kunci Rahasia Motor Saklar Sentuh Dengan Rangkaian 1 Transistor. Semoga bermanfaat untuk anda dan bisa menambah ilmu beserta wawasan untuk anda. Jangan lupa baca-baca artikel menarik lainnya di blog ini ya.
Sekian dari saya terimakasih

Tags : rangkaian saklar sentuh sederhana, rangkaian saklar sentuh dengan transistor, saklar sentuh 1 transistor, cara membuat kunci rahasia motor matic, cara membuat kunci rahasia motor sederhana, saklar sentuh lampu, cara membuat kunci rahasia motor injeksi, rangkaian sensor sentuh sederhana

Cara Sederhana Membuat Kunci Rahasia Motor Saklar Sentuh Dengan Rangkaian 1 Transistor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Oto Web