Tips dan Cara-cara Membuat bikin Lampu Motor Menjadi Lebih Super Terang Mudah terlengkap

Tips dan Cara-cara Membuat bikin Lampu Motor Menjadi Lebih Super Terang Mudah terlengkap
Tips dan Cara-cara Membuat bikin Lampu Motor Lebih Terang Mudah terlengkap - Selamat datang di blog ini, Artikel ini membahas tentang berbagai tips dan cara-cara membuat lampu motor anda menjadi lebih terang daripada standarnya, disini ada berbagai pilihan cara yang akan dibahas satu per satu, jadi tergantung anda nantinya mau pilih cara yang mana, bikin lampu motor lebih terang itu tidak boleh asal- asalan loh, karena akan berpengaruh pada komponen lain dan tidak menutup kemungkinan bisa merusaknya.

Berkendara di malam hari sangatlah tidak nyaman apa bila lampu dari kendaraan kita kurang terang. Apa lagi kalau jalanan lagi rusak, yang terjadi malah kita emosi sendiri.  Lampu sepeda motor sebetulnya sudah disetting oleh produsen dan juga telah melalui uji kendaraan agar lampu tersebut memenuhi standar. Namun kerap kali para pengendara yang suka mengotak-atik motornya membuat agar lampu motornya lebih terang. Berbagai carapun dilakukan agar lampu motor lebih terang dari standar.

Nah di artikel ini saya akan rangkum dari berbagai cara  Membuat bikin Lampu Motor Menjadi Lebih Terang Mudah terlengkap yang pastinya aman untuk di praktekan, Okelah Langsung saja kita simak cara- cara Membuat bikin Lampu Motor Menjadi Lebih Super Terang Mudah terlengkap berikut ini :

1. Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dengan Menggunakan Relay

Pada prinsipnya cara ini hanya untuk mengurangi hambatan pada rangkaian lampu kepala. Sebelum saya jelaskan trik membuat lampu motor lebih terang dengan menggunakan relay alangkah baiknya kita bahas cara kerja relay terlebih dahulu. Sebuah relay biasanya terdapat 4 nuah terminal yaitu 85,86, 30 dan 87. Di dalam relay terdapat dua bagian yaitu elektro magnet dan contact point. Terminal 85 dan 86 terhubung dengan elektro magnet sedangkan terminal 30 dan 87 terhubung dengan contact point. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar relay berikut ini.
Relay 4 kaki
Cara kerja dari relay tersebut adalah ketika sebuah arus mengalir ke 85 dan 86 terhubung dengan ground (-). Maka akan timbul kemagnetan pada elekro magnet. Kemagnetan tersebut akan menarik contact point (terminal 87)  yang menyebabkan terminal 30 dan 87 terhubung. Jadi pada dasarnya relay adalah saklar elektromagnetik

Setelah mengetahui cara kerja dari relay, maka selanjutnya kita akan mulai untuk melakukan trik membuat lampu motor lebih terang dengan menggunakan relay.
  1. Siapkan terlebih dahulu 2 buah relay (normaly open)
  2. Hubungkan terminal 30 ke positif baterai (bisa diambil dari kabel sebelum saklar utama lampu kepala)
  3. Hubungkan terminal 87 ke terminal lampu utama (jarak dekat)
  4. Hubungkan terminal 85 ke kabel saklar jarak dekat (kabel jarak dekat yang menuju lampu dipotong)
  5. Hubungkan terminal 86 ke negative.
  6. Lakukan langkah diatas pada relay yang kedua untuk lampu jarak jauh.
Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dengan Menggunakan Relay
 2. Membuat lampu sepeda motor lebih terang hanya dengan satu buah resistor.

Cara ini pada dasarnya menambah tegangan listrik yang menuju ke lampu dengan memanipulasi kiprok.
Trik ini dilakukan dengan memasang sebuah resistor 680 ohm/ 1 watt di kabel spull lampu (dari generator) yang menuju kiprok. Dengan demikian tegangan yang dihasilkan oleh generator dan tegangan yang masuk ke kiprok tidak sama. Karena tegangan yang masuk ke kiprok lebih rendah, maka regulasi tegangan oleh kiprok lebih besar dari seharusnya. Cara ini menghasilkan tegangan yang masuk ke lampu menjadi 15 volt. Karena tegangannya menjadi lebih besar maka nyala lampu akan menjadi lebih terang. Jika ingin menambah voltase anda bisa berekperimen dengan mengganti resistor yang lebih besar teganganya. Namun perlu diingat semakin besar tegangan maka lampu akan cepat mati. Cara yang paling enak adalah dengan menggunakan variable resistor jenis potensio, jadi anda tinggal memutar-mutar potensio tersebut untuk mendapatkan tegangan yang diinginkan.
Membuat lampu sepeda motor lebih terang hanya dengan satu buah resistor
3. Mengganti bohlam yang memiliki watt lebih rendah dari pada bawaan pabriknya.

Untuk motor dengan sitem kelistrikan AC cara yang sederhana dan yang paling aman adalah dengan mengganti bohlam yang memiliki watt lebih rendah dari pada bawaan pabriknya. Biasanya kalau bohlam bawaan pabrik menggunakan bohlam yang mempunyai daya 25 watt/12 volt maka kita bisa menggantinya dengan bohlam berukuran 15/10 watt/12 volt. Saya sarankan untuk membeli bohlam yang berwarna biru.

Mengganti bohlam yang memiliki watt lebih rendah dari pada bawaan pabriknya
4. Untuk motor yang menggunakan sistem kelistrikan DC cara yang sederhana dan yang paling aman adalah dengan mengganti bohlam yang mempunyai daya /watt lebih tinggi dari pada bawaan pabriknya.

Nah Demikianlah Tips dan Cara-cara Membuat bikin Lampu Motor Menjadi Lebih Super Terang Mudah terlengkap yang bisa anda praktekan dengan aman dan mudah, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah ilmu dan wawasan untuk semuanya, jangan lupa baca- baca artikel menarik lainnya di blog ini.
Sekian dari saya terima kasih.

Tags : cara membuat lampu motor lebih terang dengan dioda, cara membuat lampu motor terang seperti mobil, cara membuat lampu motor lebih terang dengan relay, membuat lampu motor lebih terang dengan resistor, cara membuat booster lampu motor, cara bikin lampu motor terang benderang, bikin terang lampu motor arus ac, lampu motor super terang

Subscribe to receive free email updates: