Rabu, Mei 18, 2016

Inilah Ciri-ciri, Penyebab, Mengecek, Merawat Pengapian Motor Yang Rusak Terlengkap

Inilah Ciri-ciri, Penyebab, Mengecek, Merawat Pengapian Motor Yang Rusak Terlengkap
 Pengapian ini berfungsi membakar uap bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran, di sinilah motor bisa memperoleh daya gerak.Jika pengapian hilang, yang terjadi maka tentu saja tidak ada proses pembakaran dan mesin anda pun tidak akan dapat menyala. Untuk mencari hilangnya pengaian pada motor, Maka anda harus mendeteksi satu per satu komponen pengapian motor anda, mulai dari busi, koil, CDI, sepul, aki dan lainnya.

Ciri - ciri Komponen Pengapian mati atau Rusak Pada Motor

KOIL
Fungsi koil menggandakan tegangan rendah dari aki atau spul menjadi ribuan kilo volt, dalemannya berisi kumparan primer dan sekunder. “menurut petunjuk buku manual kerusakan koil terdeteksi lewat besarnya tahanan kumparan. Bila menyimpang dari spesifikasi artinya rusak ”
Lalu, apaciri khas koil sudah wajib ganti.? “petanda koil rusak salah satunya bila mesin panas atau setelah berjalan beberapa kilometer tiba-tiba api hilang” bila koil bermasalah jarang bget apinya langsung hilang, kebanyakan busi masih memeletikkan api, tapi lompatannya kecil dan berwarna merah dan yg bagus berwarna putih kebiru-biruan. Enggak heran kalau mesin susah hidup.

CDI
Ada dua ciri khas bila capasitor discharge ignition (CDI) wajib ganti “percikan api pada busi hilang sama sekali dan mbrebet diputaran tinggi”.
Bila kasus pertama menimpa anda, mesin motor ngak bisa dinyalakan, adaperangkat elektronik dalam CDI yg mati/putus, bisa kapasitor atau pulsernya. Bila diukur dengan multitester , tegangan kabel yg mrnuju koil hilang sama sekali.
Berbedabila putaran mesin tersendat diputaran atas, menurut tuner mesin. “koil masih mengeluarkan tegangan tinggi tetapi tak sanggup melayani frekwensi tinggi” jd lompatan apinya terputus-putus, begitu puntiran gas diturunkan mesin normal kembali.

SPUL PENGAPIAN
Spul alias kumparan pengapian menyediakan sumber tegangan bolak-balik (AC), komponen ini khusus untuk pengapian CDI AC. Funsinya sama seperti aki Cuma bedanya tegangannya searah (DC). Spul putus atau terbakar tidak bisa memproduksi setrum ”makanya bila komponen ini troble mesin mati total” pertanda spul terbakar secara fisik nampak gosong.
Berbeda pada CDI DC yg sumber tegangannya aki, bila aki rusak mesin masih bisa dihidupkan “asal sistem pengisian masih jalan, sebab suolai mesin digantikan oleh kiprok”, perlu diwaspadai bila aki tidak segera diganti sangatberbahayaterhadap CDI. Soalnya output kiprok tidak murni arus searah. Bila dideteksi dengan osciloscope masih terlihat adanya gelombang tegangan AC.

PULSER
Gejala pulser problem mirip dengan CDI. “bila belum parah mesin masih menyala tetapi endut-endutan”. Munculnya bisa diputaran bawah juga di rpm atas.
Bila kumparan didalam pulser putus maka tidak keluar tegangan samasekali, sehingga listrik yg seharusnya dikirim ke SCR dalam CDI terputus, setrum dalam kapasitor tidak tersalur ke koil sehingga mesin mogok.

BUSI
Busi yg mendekati kematian cirinya saat di starter muncul letupan dimoncong knalpot, mesin juga sulit dihidupkan, tetapi bila isolator dalam busi putus maka mesin mati total. Meskipun koil memproduksi tegangan tinggi akan terhambat. Alhasil, elektroda busi tak ada letikan bunga api

Cara Mengetahui atau Mengecek Pengapian Pada Motor lemah atau Rusak

Langkah awal
Dalam pengecekan dimulai dari busi dahulu, busi sendiri bertugas memercikkan api di ruang pembakaran. bagai mana cara mengeceknya? Cara mengeceknya lepas dulu busi dari ruangnya dan kemudian tempelkan busi pada blok mesin, starter mesin. Namun jika busi memercikan api dengan warna biru, artinya busi dalam keadaan normal. Jika percikan apinya merah, ganti dengan busi yang baru sesuai spesifikasi motor anda.

Langkah ke dua
Jika sudah kita lihat busi dalam keadaan normal namun motor tetap tidak menyala, Lalu cek koil, dimana pada umumnya koil standar motor jarang ada yang rusak. Tugas koil tersendiri melipatgandakan arus listrik dari sepul atau aki yang sebesar 12 volt, menjadi ribuan volt yang disalurkan ke busi untuk memercikan api,  cek kabel positif koil kemungkinan ada kabel yang terlepas.

Langkah ke tiga
Cek bagian komponen CDI, komponen CDI ini merupakan otaknya sistem pengapian. sebenarnya CDI yang originan jarang rusak jika tidak terjadi konsleting atau sudah di ganti yang imitasi, jika titik kabet mengeluarkan percikan dan di sambung ke koil mengeluarkan api yang sempurna, bissa di katakan titik kerusakan terdapat pada CDI.

Mengecek kontak
Selanjutnya cek kontak motor anda, bisa saja menyebabkan hilang pengapian jika soketnya terlepas atau pun jika ada kabel yang hangus.untuk mengecek alur kabel anda dapat menggunakan avo untuk memastikan bahwa jalur kabel kontak tak terjadi konsleting.

Priksa spul
Kemudian, jika smua di pastikan dalam keadaan normal, coba perikas spul, spul ini merupakan sumber dari kelistrikan yang paling inti, sbagai pengapin juga pengisian baterai/aki. pertama cari dulu kabel yang mengarah pada pengapian, dan lepas tempelkan pada bodi motor dan di setater, jika mengeluarkan percikan api maka sepul dalam keadaan baik, jika tidak ada percikan kemungkinan spul hangus anda harus menggulung kembali.

Terakhir cek dan rakit
Yang terakhir jika smua di pastikan normal maka rakit kembali, dan coba nyalakan, menurut saya pasti motor anda akan menyala dan dapat berjalan, namun jika tetap tidak menyala coba cek bensinya.

Gejala Pengapian Motor Rusak

1. Mesin tidak dapat hidup (tidak ada percikan api di busi)
2. Mesin sulit hidup (percikan api dibusi kecil)
3. Terjadi ledakan di knalpot

Langkah Cara Merawat Pengapian Pada Motor

1. Memeriksa secara visual kelainan pada komponen dan rangkaian sistem pengapian.
2. Memeriksa, membersihkan dan menyetel celah busi.
3. Memeriksa dan membersihkan kabel tegangan tinggi.
4. Memeriksa, membersihkan rotor dan tutup distributor.
5. Memeriksa nok, centrifugal advancer dan vacum advancer.
6. Memeriksa koil pengapian.
7. Memeriksa, membersihkan dan menyetel celah platina atau menyetel sudut dwell.

Nah Demikianlah artikel tentang Ciri-ciri, Penyebab, Mengecek, Merawat Pengapian Motor Yang Rusak Terlengkap, Semoga bermanfaat dan menambah ilmu dan wawasan untuk kita semua, jangan lupa baca-baca artikel menarik lainnya di blog ini ya.
Sekian dari saya Terimakasih

Tags : penyebab motor tidak ada pengapian, penyebab pengapian kecil pada motor, pengapian motor kecil, pengapian motor mio mati total, cara mengecek spul motor yang rusak, tanda spul motor rusak, penyebab pengapian motor lemah, ciri cdi rusak pada motor

Inilah Ciri-ciri, Penyebab, Mengecek, Merawat Pengapian Motor Yang Rusak Terlengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Oto Web