Cara Mudah Membuat Charger/Casan Hp di motor, bisa dilakukan sendiri

Cara Mudah Membuat Charger/Casan Hp di motor, bisa dilakukan sendiri - Hp saat ini memanglah telah jadi keperluan pokok kita semua. Kemanapun kita pergi, tentulah tak lepas dari piranti yg satu ini. Tidak cuma buat berkomunikasi saja, mobile phone pun dipakai utk fasilitas hiburan disaat penat. Di antara sobat bisa saja kesal sebab kehabisan daya baterai telephone seluler dikala berpergian. Bila terdapat sumber listrik atau kamu membawa powerbank bisa jadi tak ada masalah, tetapi kalau sobat tak menemukan sumber listrik buat mencharger Hp sobat pasti pusing juga. Utk itu sebaiknya sobat menciptakan sebuah charger Handphone di motor pribadi . Dgn begitu sobat dapat mencharger handphone dimanapun berada dikala HP telah kehabisan daya. sangat mudah dan simpel kan

Cara Membuat Carger Hp di motor
Sebenarnya Cara membuat HP charger di motor itu cukup mudah kok sob, bahan-bahan yang diperlukan pun juga bisa kita temukan di toko- toko elektronik terdekat. Tapi sebelumnya ada yang perlu kita pahami terlebih dahulu. Perangkat Aki sepeda motor yaitu sebagai "powerbank" yg dapat kita pakai buat kebutuhan apa saja pastinya yg berhubungan sama piranti elektronik. Di sepeda motor, Aki berfungsi buat sumber kelistrikan seperti lampu, motor starter & lain sebagainya. Lantas apakah aki sepeda motor mampu kita pakai buat mencharger Ponsel kita? Jawabanya bisa kok sob, tetapi mesti menyambung rangkaian penambahan. Aki sepeda motor rata rata mempunyai tegangan 12 volt, sedangkan input tegangan terhadap hp merupakan sektiar 3,7 volt. Jikalau segera dihubungkan dari aki ke Ponsel pasti saja dapat kelebihan tegangan & menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu digunakan suatu rangkaian regulator utk menurunkan tegangan (stepdown) dari 12 volt jadi lebih kurang 3,7 volt. Cara membuantya tak demikian rumit, siapkan bahan - bahan berikut ini :

Bahan - Bahan Yang Diperlukan :
  • PCB matrik
  • IC 7812 dan 7805
  • Kapasitor elco 2200uf/25v dan 220uf/16v
  • Saklar
  • Sekring
  • kabel
  • Box
  • USB (bisa menggunakan USB bekas)
Dan berikut Cara Membuat Charger Hp Di Motor
  1. Siapkan solder beserta tenolnya dan siapkan semua bahan-bahan diatas.
  2. Solder rangkaian serapi mungkin
  3. Pasang sekring dan saklar kabel in serta USB di kabel out.
  4. Yang harus diperhatikan, pada USB yang anda gunakan biasanya memiliki 4 kaki. Kaki kanan adalah (+) dan  kaki kiri (-), sedangkan 2 kaki ditengah tidak digunakan.
  5. Masukan rangkaian di box agar terlihat rapi.
Pada rangkaian diatas menggunakan 2 buah IC, tujuanya untuk memastikan tegangan yang masuk ke IC7805 adalah 12 volt. Hal tersebut dimaksudkan agar IC7805 tidak terlalu panas karena tegangan aki motor bisa lebih dari 12 volt.

Nah demikianlah Cara Mudah Membuat Charger/Casan Hp di motor, bisa dilakukan sendiri . Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan buat semuanya. jangan lupa baca-baca artikel menarik lainnya di blog ini yang tentunya gak kalah bermanfaat.
Oke sekian dari saya terima kasih

Tags : cara membuat charger hp di mobil, cara membuat cas hp di motor, cara membuat casan hp di motor, rangkaian charger hp di motor, bikin charger hp di motor, jual charger hp motor, charger cas hp khusus di sepeda motor, cara membuat charger hp di motor mio

Subscribe to receive free email updates: