Belajar Cara Mudah dan Benar Mengendarai Naik Motor Kopling Manual untuk Pemula Langsung Bisa

Selamat datang di blog ini, disini saya akan ngasih panduan cara belajar mengendarai motor kopling manual bagi pemula, Walaupun kedengaranya enteng, tetapi nyatanya masihlah banyak kalangan pemula yg mempertanyakan cara bagaimana trick mengendarai motor kopling yang mudah dan benar. Pada dasarnya seluruh sepeda motor mempunyai kopling cuma saja jenisnya berbeda-beda. Kopling inikan satu buah piranti didalam sepeda motor ataupun mobil yg berfungsi memutus & menghubungkan putaran dari engine ke transmisi. Nah yg dimaksud motor kopling disini merupakan motor yg memakai kopling manual (ada handle kopling di setang kemudi). Rata-rata kopling manual ini diaplikasikan kepada motor sport seperti Yamaha vixion, Suzuki Satria Fu, Honda CBR, Kawasaki Ninja RR mono, dll.

Belajar Cara Mudah dan Benar Mengendarai Naik Motor Kopling Manual untuk Pemula Langsung Bisa
 
Bila motor bebek kamu tinggal injak tuas transmisi saja langsung dapat berpindah gigi sendiri, hal ini lantaran adanya kopling otomatis. Tetapi kelemahan pada kopling jenis ini banyak tenaga yg hilang di kopling otomatis tersebut. Nah maka dari itu seluruh motor sport memanfaatkan kopling manual yang merupakan fasilitas pemindah daya agar maksimal. jika kamu ingin berpindah gigi harus terlebih dahulu menarik tuas kopling yg ada di setang kemudi. kebanyakan sepeda motor yg menggunakan kopling manual mempunyai pola perpindahan gigi 1-N-2-3-4-5. Nah buat pindah dari posisi netral ke gigi 1 gerakan tuas transmisi ke depan, buat berpindah ke gigi 2 sampai 5 gerakan ke belakang. Berikut kami sajikan trik belajar cara mudah dan benar mengendarai naik motor kopling manual untuk pemula Langsung Bisa, sangat gampang kok sob, simak langkah-langkahnya :
  1. Pertama-tama adalah Putar kunci kontak pada posisi “ON”
  2. Kedua, Lebih baik posisikan transmisi pada posisi netral dengan ditandai menyalanya lampu indicator (biasanya berwarna hijau) kemudian tekanlah tombol starter. Yang perlu diperhatikan dalam menekan tombol starter ini jangan terlalu lama, maksimal 3 detik. Karena jika terlalu lama bisa menyebabkan aki tekor.
  3. Ketiga, Untuk menjalankan motor masukan gigi transmisi ke posisi gear 1. Caranya tarik terlebih dahulu handle kopling, baru injak tuas transmisi kearah depan. Inilah yang kebanyakan orang yang baru belajar mengendarai motor kopling kesulitan. Saat akan berjalan biasanya melepaskan tuas kopling secara mendadak, akibatnya motor langsung mati. Untuk itu lepaskanlah tuas kopling secara perlahan diiringi dengan memutar handle gas secara perlahan.
  4. Lalu, Jika kendaraan sudah berjalan maka mulailah untuk melepaskan tuas kopling/ handle rem. Setelah kendaraan berjalan kira-kira 10 Km/ jam lakukanlah penggantian ke gear no.2. Caranya dengan menekan tuas kopling dan injak tuas transmisi ke belakang. Nah yang perlu diperhatikan adalah dalam menekan tuas kopling ini tekanlah secara penuh sehingga kopling benar-benar terpisah dari putaran mesin. Dengan melakukan demikian akan membuat kampas kopling sepeda motor anda lebih awet. Untuk berpindah lagi ke gigi diatasnya lakukanlah dengan cara yang sama.
  5. Nah jika ingin berhenti, tariklah tuas kopling dan lepaskan atau putar balik handle gas serta diiringi menekan tuas rem.
  6. Setelah berhenti kembalikan gigi transmisi ke posisi 1, nah untuk memindah ke posisi netral ungkit tuas transmisi ½ saja, jika penuh maka akan kembali ke gear 2 lagi.
  7. Setelah gigi transmisi ke posisi netral, anda boleh melepaskan tuas kopling dan kemudian memutar kunci kontak ke posisi “off” dan selesai.
Nah Demikianlah langkah-langkah belajar cara mudah dan benar mengendarai naik motor kopling manual untuk pemula Langsung Bisa, Sangat mudah sekali kan. Dengan mencobanya secara terus menerus, saya yakin anda pasti bisa mengendarai motor kopling dengan benar. Jadi Selamat Mencoba ya sob.
Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah ilmu dan wawasan bagi semuanya, jangan lupa membaca artikel menari lainnya di blog ini. sekian dan terima kasih

Tags : cara mengendarai motor kopling bagi pemula, cara mengendarai mobil kopling, mengendarai motor kopling di tanjakan, mengendarai motor kopling di polisi tidur, mesin kopling, tata cara pakai motor kopling, tata cara pake motor kopling, cara mengendarai motor kopling di tanjakan

Subscribe to receive free email updates: