Inilah Ciri-ciri dan Gejala Kampas Kopling Habis Pada Motor, Wajib Kamu Ketahui !!

assalamualaikum sobat semua
Kali ini saya akan bahas artikel mengenai kampas kopling, lebih tepatnya membahas tentang ciri-ciri kampas kopling motor aus atau habis.
nah tentunya semuanya sudah pada tau ya kalau sparepart motor itu memilki masa  usia pakai seperti halnya kampas kopling ini.untuk itu kita harus bisa mengetahui ciri-ciri kampas kopling sudah aus tersebut.


Kampas kopling itu berfungsi sebagai penyalur tenaga mesin ke transmisi. Sebesar apapun tenaga mesin yang ada pada motor atau mobil, bila kampas kompling habis tentunya tidak bisa bekerja secara maksimal alias tidak ada tenaga yang disalurkan lagi. Bila kinerja sudah mulai menurun , tentunya transfer ke roda atau berkurang.

Kopling sendiri mengatur gaya putar/torsi dari mesin ke transmisi perseneling, jika pedal pada kopling ditekan tidak ada gaya putar yang ditransfer dari mesin ke komponen yang lain dari transmisi perseneling . Jika pedal kopling di lepas maka gaya putar/torsi dari mesin di tranfer oleh transmisi perseneling ke roda penggerak.


Dalam kondisi normal , kampas kopling itu hibis di kisaran jarak tempuh sampai 20.000 KM , bila sudah tercapai angkat tersebut tentunya anda harus menggantinya .Jika sudah muncul ciri ciri kampas kompling habis maka anda wajib menggantinya agar resiko tingkat keausan tidak merembet ke rumah kopling atau tutup kopling.

Cara mendeteksi kampas kopling sudah habis ada banyak cara. Ciri-ciri kampas kopling habis bisa dengan mudah dirasakan. Berikut gejala jika kampas kopling habis:


  • Akselerasi mesin lemah
Jika kampas kopling habis, maka tidak bisa mentransfer tenaga dari mesin dengan maka itu akselerasi menjadi lemah namun ini tidak mempengaruhi top speed namun membutuhkan waktu yang lebih panjang. Misal kita mencapai kecepatan 100km/h saat kampas kopling masih tebal membutuhkan waktu 10 detik namun saat kampas kopling mulai aus mungkin membutuhkan waktu 15 detik bahkan lebih.
  • Selip kopling
Gejala selip kopling akan sering timbul jika kampas kopling habis. Akan tetapi gejala ini juga bisa di sebabkan pemilihan oli mesin yang tidak cocok atau terlalu lama digunakan.
  • Starter ringan atau ngelos
Hal ini terasa dikala cara menghidupkan motor menggunakan kick starter, saat melakukan ayunan di kick starter akan terasa ringan atau istilahnya kick starter ngelos dan motor sangat susah dihidupkan. Nah itu salah satu gejala kampas kopling aus.
  • Putaran mesin tinggi
Hal ini dikarenakan pengaruh akselerasi yang melemah dan kampas mulai licin motor sehingga menjadi mesin berputaran tinggi walau kecepatannya standar. Contoh saat kampas kopling masih tebal mendapatkan kecepatan 40 km/h membutuhkan putaran mesin 5000 rpm, namun saat kapas mulai aus untuk mendapatkan kecepatan tersebut membutuhkan puratan 8500 rpm.
  • Perpindahan gigi perseneling
Gejala kampas kopling habis ini bisa dirasakan saat pengendara mengganti perseneling bukannya tenaga yang keluar namun hanya suara raungan motor.
  • Tenaga mesin berkurang
Cara deteksi kampas kopling habis pada tingkat keausan yaitu coba masukan ke perseneling 4 atau 3 tahan lalu tarik gas secara spontan,  jika mengalami kenaikan kecepatan yang pas bearti masih bagus, kalau sudah aus rpm semakin tinggi namun kecepatannya masih rendah .
  • Lepas kopling
Bila pada kondisi melepas tuas kopling (pada motor transimisi manual) dan mesin tidak mati kemungkinan besar kampas kopling sudah aus.

Nah itulah beberapa tips dan cara untuk mengenali ciri ciri dan juga gejala kompas kopling habis
Demikian informasi yang bisa saya bagikan untuk anda semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya
Sekian dan Terima kasih

Tags: penyebab kampas kopling cepat habis, ciri kopling selip, tanda kampas kopling habis pada motor, umur kampas kopling motor, ganti kampas kopling, pengaruh kampas kopling, harga kampas kopling, kampas kopling motor

Subscribe to receive free email updates: