Tips Berikut Bisa Menghemat BBM Motor Anda



Hallo sob, kali ini saya akan share beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat bagi para Fu rider indonesia, yaitu beberapa tips supaya bisa menghemat BBM pada motor kesayangan kita.


Bahwa kita ketahui Suzuki Satria Ini dalam konsumsi BBM nya bisa dikatakan Lumayan boros tapi semua itu sebanding dengan akselerasi motor itu sendiri.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan para rider agar motor kesayangan tetap irit BBM bisa juga irit isi Dompet hehee, Baiklah mari kita simak tips-tips berikut ini :

1.    Filter Udara
Pastikan filter udara pada motor kita selalu bersih, karena apabila filter tersebut  kotor pasti  akan mengakibatkan terhambatnya pasokan udara ke ruang bakar. Dan Pada akhirnya campuran bahan bakar dan udara tidak seimbang yaitu menjadi kaya bahan bakar. Sebaiknya Lakukan pengecekan filter udara motor kesayangan  di Bengkel Resmi Suzuki jika motor sudah terasa berat tarikannya.

2.    Tekanan Udara Ban
Selalu Periksa tekanan udara pada ban motor sebelum digunakan untuk beraktifitas, Sebab dengan berkendara dalam kondisi tekanan udara ban yang minim bisa menambah berat beban kinerja mesin.  Dan Ujung - ujungnya Menjadi Boros bahan bakar Motor kita. Untuk mengetahui berapa tekanan ban yang pas untuk motor sesuai standar, Bisa di dilihat pada stiker di swing arm Jika masih ada. Lakukanlah pemeriksaan berkala setiap satu Minggu sekali. Tentunya demi keamanan, kenyamanan, dan keselamatan

3.    Beban Motor
Tips brikutnya dengan mengurangi berat beban motor, terutama bagi yang hoby touring. Apabila tidak sedang touring SIDE BOX dan atau REAR BOX mending dicopot saja, Jika pada motornya memasang part ini. Sebab Dengan pengurangan bobot kendaraan akan meringankan kinerja mesin motor dan pastinya akan menjadi irit Bahan Bakar.

4.    Kurangi kecepatan
Hal ini biasanya terjadi dengan tanpa kesadaran kita, selalu ada dalam kecepatan diatas 60 km/jam. Apabila tidak dalam posisi keadaan mendesak, jangan terlalu ngebut dijalanan. Sebaiknya Lakukan econo-riding dengan cara berkendara dengan kecepatan antara 40 - 60 km/jam, apalagi di dalam kota sebaiknya lakukan tips ini.

5.    Jangan Berkendara Seperti Pembalap
Janganlah berkendara dengan ala pembalap , seperti dengan berakselerasi dan mengerem secara mendadak. Saat perjalanan Lakukan akselerasi dengan halus dan bertahap serta hindari mengerem secara mendadak, dan apabila tips ini sering dilakukan pasti akan menghemat konsumsi BBM motor kita.

6.    Pemanasan Mesin di Pagi Hari
Tips berikutnya  yaitu Pada saat pagi hari, jangan memanaskan mesin terlalu lama. Cukup 2-3 menit saja sudah cukup, dan jangan mainkan gas pada saat pemanasan, biarkan mesin dalam keadaan stasioner standarnya.

7.    Hindari Jalanan Macet
Jika memungkinkan masih ada waktu lama maka sebaiknya hindari jalanan macet. Biasanya para pengendara kesehariannya berutinitas ke tempat kerja pastilah tahu jam - jam sibuk dan padat di jalan yang sering dilaluinya

8.    Periksa Velg
Periksalah kelurusan putaran ban / velg, soalnya dengan tidak lurusnya putaran roda akan mengakibatkan boros bahan bakar walaupun tidak terlalu ada efeknya dengan bbm tapi sebaiknya di cek demi kenyamanan berkendara.

9.    Mencuci mesin kendaraan
Tips yang terakhir Cucilah kendaraan dengan bersih, terutama pada bagian mesin motor kita. Karena kotoran yang menempel pada mesin bisa mempengaruhi terhambatnya pelepasan panas mesin dan bisa mengakibatkan boros bahan bakar juga walaupun minim pengaruhnya

Oke sob, mungkin itu saja tips – tips yang saya ketahui bisa menghemat bahan bakar motor kita, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua
Sekian dan terima kasih
== Baca Juga ==

Subscribe to receive free email updates: