MEMILIH BAN MOTOR YANG TEPAT

Hallo sob, Kali ini saya akan berbagi tips tentang memilih ban motor yang tepat untuk motor kesayangan yang biasa dipakai sehari-hari.

Ban sendiri adalah part yang sangat penting dalam kendaraan roda dua, yaiyalah..sekencang-kencangnya mesin motor akan percuma jika motor tersebut tidak ada bannya hahahaa
Selain itu ban juga sangat berperan penting dalam kenyamanan ataupun keselamatan anda dalam berkendara, maka sebagai rider sejati harus memperhatikan kondisi ban yang melekat pada motor.

Memilih ban motor memanglah sangat mudah dan sepele, Namun banyak pengendara yang masih mengeluhkan ban yang mereka pakai belum memuaskan dan masih banyak kendala seperti motor terpelanting atau terpeleset saat direm, bahan bakar motor jadi lebih boros karena ban yang dipakai tidak sesuai dengan spesifikasi dan ukurannya. Untuk hal itu saya disini akan ngasih tips cara memilih ban yang tepat dan pas untuk motor anda,
berikut tips-tips nya :

1. Pilih Merek Ban
    Pertama kali saat mau memilih ban tentunya kita bertemu sama merek-merek tertentu, merek yang menjamin kualitasnya baik biasanya sering menjadi sponsor ajang balap motor nasional maupun internasional, merek-merek yang sudah terkenal lah yang sudah menjamin bekualitas baik seperti IRC,Swallow, Mizzle, Fdr, Michelin, Bridgestone dan lain-lain yang sudah anda ketahui. dengan merek-merek yang sudah menjamin kualitasnya tersebut kita akan merasa nyaman dan aman saat berkendara.

2. Bentuk Kembangan Ban
    Untuk ban dengan desain yang keren dan menarik memanglah bisa menjadi untuk memikat para konsumen, namun anda jangan tergiur dengan desain-desain tersebut, karena untuk desain ini memilki fungsi-fungsi tersendiri terutama berperan penting untuk jalanan yang sering kita lalui, untuk jalanan yang cenderung basah/berair pilihlah ban dengan dsain kembangn yang banyak sebaliknya untuk jalanan yang cenderung kering/panas pilihlah ban dengan desain kembangan yang sedikit.

3. Pilih Ukuran Ban
    Untuk ukuran ban sebaiknya sesuaikan dengan anjuran standar pabrik, jangan terlalu kebesaran ataupun malah kekecilan, hal itu tentnya akan berdampak pada performa motor kita, biasanya ada keterangan pada sebuah ban, misalnya 225/55/ZR/17, Arti dari keterangan tersebut yaitu 225=lebar telapak ban, 55=rasio ketebalan ban, ZR=Kode limit kecepatan, 17=diameter velg. pilihlah yang sesuai dengan kondisi motor anda.

4. Tahun Pembuatan Ban
    Ini yang biasanya yang tidak dicermati oleh pembeli, mungkin karena nggak paham atau apalah karena tahun pembuatan ban ini ditulis dengan kode angka, contohnya : 0814 = 08 merupakan minggu ke- dari ban tersebut dibuat sedangkan 14 merupakan tahun pembuatan ban, jadi usahakan pilih ban yang produksi terbaru ya sob.

Okelah mungkin itu saja tips-tips dari saya, semoga berguna bagi kita semua.
Pilih ban yang tepat dan keep safety ridding ya sob

Subscribe to receive free email updates: