Mengatasi Masalah Mati Mendadak Saat Perjalanan

Hallo Sobat, sebelumnya saya mengucapkan terima kasih karena sudah berkunjung ke blog saya yang sangat sederhana ini hehe
Kali ini saya akan share pengalaman pribadi saya yang lumayan memalukan, baiklah mari kita simak ceritanya, 


  "kejadian ini kurang lebih 3 bulan yang lalu, waktu itu saya berangkat les seperti biasanya yang jarak tempuh dari rumah saya skitar 15km. Hari-hari sebelumnya sih lancar-lancar saja nggak ada kendala apapun sama tunggangan saya Satria Fu putih hitam tahun 2011, Tapi hari itu bertepatan hari jumat, saya berangkat jam 07.30 mulai gass dari rumah, nah ketika sampai di perempatan kota yang jaraknya sekitar 10km dari rumah kok seperti ada yang aneh dengan motor saya, anehnya seperti kehabisan bensin padahal di indikator masih 3 bar, saya coba gas pelan-pelan malah semakin brebet dan akhirnya sampai diperempatan bertepatan juga sama lampu merah menyala, saya stop eh mesin malah mati, saya paksa pake elektrik starter gak idup-idup mesinnya, mau di kickstarter waktu itu pake step underbond engkolnya saya copot, waduuh gimana niih posisi diperempatan itu lumayan banyak pengendara, orang-orang sebelah saya pada ngliatin, disitu saya semakin gelisah,bingung,malu dan masih paksa-paksa elektrik starter terus, nah ketika lampu hijau sudah menyala pengendara lain pun GOO melanjutkan perjalanan mereka dan saya pun masih kebingungan, akhirnya saya menepilah kepinggir jalan untuk mengecek bensin di dalam tangki, jok aku buka dan tutup bensin juga aku buka... walaah bensin masih banyak broo buat renang juga masih bisa hahaaa (bercanda hehee), lalu saya menutup kembali tutup tangki dan joknya, lalu kontak saya idupin kembali dan coba starter..ehh lakok langsung nyala walaupun sedikit brebet langsung saya gas-gas blaaar...blaaar sampek normal kembali dan brebetnya ilang, lalu saya melanjutkan perjalanan dan sampailah ditempat les,, ditempat les kok malah galau gara-gara kejadian motor mati mendadak tadi, saat itu saya spintas langsung ingat,, oh iya tadi kan motor mati,setelah saya buka tank bensinnya kok dihidupin langsung nyala,, langsung saya searching goodle "satria fu mati mendadak" dan nemu sebuah artikel yang masalahnya ada di tutup bensin yang lubang udaranya tersumbat,, Oalaaaaaah...pantesan setelah saya buka tutup bensin motor dihidupin langsung nyala, kan ketika tutup bensin dibuka otomatis udara masuk..(Singkat cerita) setelah itu ketika saya pulang dari les saya langsung mampir kesebuah bengkel, disitu saya curhatin apa yang saya alamin tadi, dan ternyata salah satu mekanik dibengkel tersebut juga berpendapat bahwa lubang udara ditutup bensinnya tersumbat, lalu mekanik tersebut mengambil sebuah alat seperti jarum buat melubangi bagian luar tutup bensin,, nggak ada 5 menit sudah selesai dan saya pun bergegas pulang karena perut sudah lapar sekali hehee dan alhamdulilahnya lagi motor saya skitar 3 bulan ini stelah kjadian itu tidak pernah lagi motor mati mendadak, jadi benar masalahnya terletak di tutup tangki bensin " cerita selesai .

Back to topik, kali ini saya akan ngasih tips mengatasi masalah mati mendadak pada satria fu dengan cara melubangi tutup bensin, berikut langkah -langkahnya : 
  • Siapkan dulu bahan"nya: tutup tangki, Palu , dan Jarum, paku atau apalah yang penting kuat dan ujungnya runcing


  • Arahkan jarum ke tengah-tengah lingkaran tutup bensin, Lihat gambar dibawah


  • Selanjutnya Ketok pelan-pelan pake palu sampai kira-kira sudah melubangi bagian lapisan luar tutup tangki, ingatt hanya bagian lapisan luar tutup tangki, karena didalamnya sudah ada lubangan kecil bawaan, Lihat gambar dibawah



  • Kalo sudah, saatnya ngetes dengan meniupkan udara dari lubang bagian luar apakah udah tembus ke lubang bagian dalam, pasti bisalah ngerasain udah tembus apa belom, kalo sekiranya sudah langkah selanjutnya tinggal menutupkan kembali ke tangknya dan selesai,
cara diatas hanyalah ilustrasi langkah-langkahnya karena kejadian aslinya sudah 3 bulan yang lalu. dan alhamdulilah dengan melubangi tutup tangki tersebut motor saya Satria Fu 2011 sampai sekarang sehat walafiat, gapernah lagi mengalami mesin brebet dan mati mendadak saat perjalanan.

Oke sob , sekian dulu postingan dari saya, semoga bermanfaat ya..
sekian dan terimakasih.. 

Subscribe to receive free email updates: